5 TIPS mengajak anak ke Fasilitas layanan kesehatan

1. Komunikasikan dengan anak terkait kunjungan ke fasilitas kesehatan
ajak mengobrol anak khususnya usia balita
orang tua dapat memberitahukan terlebih dahulu kepada anak terkait rencana kunjungan ke fasilitas
layanan kesehatan, akan bertemu dengan dokter, akan dilakukan pemeriksaan dan lain-lain supaya anak
merasa dilibatkan dan mendapat gambaran mengenai hal yang akan dilakukan.

2. Pastikan anak sudah terpenuhi kebutuhan makan dan pakaian yang nyaman
kebutuhan pangan dan sandang menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan oleh orang tua sebelum mengajak anak bepergian ke luar rumah.
apabila anak akan diajak ke fasilitas layanan kesehatan di pagi hari pastikan anak sudah sarapan terlebih dahulu dari rumah , sehingga anak tidak rewel karena merasa lapar. Selain itu gunakan juga pakaian yang nyaman dikenakan oleh anak.

3. Datang lebih awal dari jam layanan / tidak datang diwaktu jam sibuk
Datang lebih awal dari jam layanan bertujuan untuk memberikan waktu lebih longgar bagi orang tua untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sehingga orang tua lebih tenang tidak terburu-buru dan anakpun bisa lebih mudah dikendalikan oleh orang tua. selain itu pastikan pula tidak datang diwaktu jam tidur anak.

4. Memilih ruang tunggu yang ramahh anak

sesampainya difasilitas layanan kesehatan orang tua dapat mengajak anak untu menunggu terlebih dahulu diruang tunggu yang dirasa nyaman

5. Menjaga mood anak

apabila anak mulai merasa bosan, orang tua dapat mengajak anak bercerita tentang aktivitas yang sedaang dilakukan atau mengajak anak ke area bermain anak yang disediakan oleh fasilitas layanan kesehatan ramah anak.

 

Leave a Comment